Water & Sanitation

Akses Air Bersih

Akses terhadap air bersih sangat penting untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari setiap orang. Tidak semua orang bisa mendapatkan akses air bersih. Indonesia sampai tahun 2018 akses air bersih baru mencapai 72%, berarti masih ada 28% masyarakat Indonesia yang belum memiliki akses air bersih dari target 100% seluruh masyarakat Indonesia telah memiliki akses air bersih yang tertuang dalam RPJMN 2015-2019. Kekurangan dan keterbatasan akses air bersih pun memberikan dampak kesehatan jangka panjang bagi masyakarat, dimana dengan mengkonsumsi air kotor setiap hari dapat menyebabkan penyakit serius seperti diare, tipus, stunting bahkan kematian.

HFH Indonesia telah menjalankan program akses air bersih di wilayah-wilayah yang membutuhkan (Jawa Barat, Banten, Kepulauan Bangka Belitung, Kepulauan Riau), yaitu:

  1. Pembangunan bak penampungan/tandon air bersih.
  2. Penyaluran air bersih melalui penyambungan pipa dari bak utama ke rumah-rumah.
  3. Filtrasi Air Bersih.
  4. Instalasi Air Bersih.
  5. Pembangunan MCK Umum.

Sebuah Kisah dari Desa Banjarnegara

Sejak April 2018 Habitat for Humanity Indonesia bersama-sama dengan POSCO Korea menjalankan misi untuk mewujudkan hunian yang layak bagi masyarakat miskin di Kecamatan Ciwandan tepatnya di Desa Kubangsari, Desa Tegal Ratu, Desa Banjarnegara dan Desa Samangraya di Kecamatan Citangkil.

Habitat Indonesia sudah membantu membangun kurang lebih 30 toilet untuk warga yang tidak memiliki toilet dan sanitasi yang sehat. Dengan rumah yang dilengkapi dengn toilet dan sanitasi, ekonomi keluarga pun menjadi terbantu karena pendapatan keluarga yang tadinya dikumpul untuk memperbaiki rumah yang setiap saat rusak, dapat dialokasikan untuk kebutuhan keluarga lainnya, misal pendidikan anak-anak. “Habitat membantu pembangunan toilet individu dan sanitasi di kecamatan Ciwandan menjadikan Desa Banjarnegara meraih kesuksesan dan penghargaan”, tutur Camat Ciwandan, Junaedi.

Sanitasi yang Layak

HFH Indonesia berupaya untuk meningkatkan akses sanitasi masyarakat di berbagai daerah di Indonesia. Program Open Defecation Free (ODF) atau STOP Buang Air Besar Sembarangan (BABS) merupakan salah satu program HFH Indonesia yang bertujuan agar masyarakat dapat memiliki akses sanitasi yang layak secara individu maupun umum dan mengurangi resiko penyakit yang serius bahkan berdampak pada kematian. Adapun pelaksanaan program terkait akses sanitasi yang layak sebagai berikut:

  1. Pembangunan toilet individu
  2. Pembangunan toilet umum
  3. Pembangunan toilet Sekolah
  4. Pembangunan Septic tank individu maupun komunal
Peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya STOP BABS melalui campaign, pelatihan, dan monitoring berkala. Saat ini HFH Indonesa sedang mengupayakan 100% STOP BABS selama 5 (lima) tahun di Kecamatan Mauk dan Kecamatan Kronjo, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, dengan menjangkau lebih dari 13,000 keluarga yang belum memiliki akses sanitasi yang layak. Selain Provinsi Banten, HFH Indonesia juga terbuka untuk melaksanakan program sanitasi yang layak di daerah-daerah lain yang membutuhkan.

Kelurahan Tegalsari – Kecamatan Tegalsari, Kota Surabaya 100% Bebas Buang Air Besar Sembarangan

Kelurahan Tegalsari adalah salah satu wilayah yang berada tepat di jantung kota Surabaya. Wilayah area ini berdampingan langsung dengan salah satu pusat perbelanjaan terkenal di kota Surabaya, Tunjungan Plaza. Area permukiman berdempet dan padat berlokasi tepat di belakang plaza tersebut.

Banyak kamar kos dibangun untuk memenuhi kebutuhan hunian pekerja di plaza tersebut menyebabkan sempit dan berdempetnya area pemukiman.

Di sekitar permukiman tersebut mengalir satu aliran anak sungai, yang membentang panjang membelah kota Surabaya. Aliran anak sungai inilah yang di fungsikan masyarakat kelurahan Tegalsari untuk membuang kotoran, sampah sisa kegiatan manusia maupun kotoran tinja.

Sebenarnya warga Tegalsari sudah memiliki kamar mandi dan toilet yang cukup layak, namun mereka tidak memiliki septic tank sebagai salah satu syarat jamban sehat.

Sekitar tahun 2015, daerah Tegalsari ini mendapat intervensi program sanitasi sehat kerjasama HFh Korea dan HFh Indonesia. Program ini berhasil membangun 250 jamban sehat keluarga (pembangunan toilet keluarga dan pembangunan septic tank bagi yang belum memilikinya), dan mengantarkan kelurahan Tegalsari menjadi area 100% bebas buang air besar sembarangan untuk area kota Surabaya.

Prestasi yang membanggakan ini tidak lepas dari kerjasama HFH Korea, HFH Indonesia dan Puskesmas setempat dimana Habitat melakukan proses pembangunan sarana fisiknya sedangkan Puskesmas setempat melakukan proses training dan peningkatan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya perilaku bersih sehat.

0
Fasilitas umum

Gedung Hajadi lantai 2 & 3
Jl. Palmerah Utara No.46, RW.16, Palmerah,
Kec. Palmerah, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta 11480
info@habitatindonesia.org
+6221 2205 6431

Gedung Hajadi lantai 2 & 3
Jl. Palmerah Utara No.46, RW.16, Palmerah,
Kec. Palmerah, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta 11480
info@habitatindonesia.org
+6221 2205 6431