Disaster Response

Program Tanggap Bencana

1. Lombok

Rentetan gempa bumi mengguncang Lombok dan sebagian besar wilayah Nusa Tenggara Barat sejak akhir Juli, sebelum akhirnya terjadi gempa berkekuatan 7 SR pada tanggal 5 Agustus 2018. 515 jiwa meninggal dunia, 76.765 rumah rusak, dan 431.416 jiwa mengunsi akibat gempa dahsyat tersebut.

Berkordinasi dengan pemerintah dan Humanitarian Forum Indonesia (HFI), Habitat for Humanity Indonesia hadir dan terlibat aktif sejak awal dalam melakukan assessment mendalam untuk mengetahui kebutuhan para keluarga yang terdampak, hingga akhirnya menetapkan Desa Sajang, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Barat sebagai wilayah intervensi.

Dari total 1.121 KK, 649 KK mengalami kerusakan rumah, dan 490 diantaranya mengalami kerusakan total dan terpaksa harus tinggal di tempat pengungsian.

 

Selain mendistribusikan hygiene tool kits,  saat ini Habitat for Humanity hadir dengan program Sustainable Water Supply, Temporary Shelters, Hygiene Sanitation, serta berbagai pelatihan terkait untuk menjawab kebutuhan mendesak masyarakat Sajang.

2. Sulawesi Tengah

Gempa bumi 7.5 SR di Sulawesi Tengah pada 28 September lalu sudah mengakibatkan sedikitnya 2.081 jiwa meninggal dunia, 206.494 jiwa mengungsi, dan 68.451 rumah rusak. Kota Palu, Donggala, dan Sigi menjadi 3 kabupaten yang paling terdampak oleh bencana besar tersebut.

 

Sejak fase tanggap darurat hingga saat ini Habitat for Humanity Indonesia sudah hadir di wilayah-wilayah terdampak di atas. Beberapa Immediate Intervention yang sudah dilakukan adalah distribusi Family Emergency Shelter Tools Kits, Hygiene Kits, Emergency Communal Toilet and Generator, WASH Training.

 

Saat ini dan kedepan, Habitat for Humanity Indonesia  hadir dengan program  Transitional Shelter, Rubble removal, Core House, Water and public facilities, House Rental Program. Program-program tersebut digagas dan dimplementasikan sesuai kebutuhan wilayah-wilayah terdampak seperti Kecamatan Balaesang Tanjung-Kabupaten Donggala,   Kecamatan Dolo Selatan, Dolo Barat dan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi, Palu Selatan dan Palu Barat-Kota Palu.