House Financing Access

Habitat for Humanity Indonesia memiliki tujuan untuk menyelesaikan permasalahan perumahan dalam skala tertentu, meningkatkan kesadaran akan rumah yang aman, terjangkau, dan layak. Untuk itu Habitat Indonesia berupaya untuk menjangkau lebih banyak pihak melalui program “Market Development”, menciptakan kerangka kerjasama dengan pemerintah, perusahaan swasta, lembaga non-profit, dan kelompok-kelompok sukarelawan.

Habitat Indonesia melalui program “Market Development” berencana memobilisasi Rp 3 milyar dalam skala mikro hingga tahun 2020 dalam rangka membantu 24,200 keluarga memperoleh perumahan layak huni dengan fasilitas sanitasi, toilet, dan akses terhadap air bersih.

Pada Februari 2017, Habitat Indonesia memulai pelaksanaan kajian institusional dan uji tuntas lembaga mikrofinansial, KOMIDA (Koperasi Mitra Dhuafa), dimana kedua organisasi menandatangani kesepakatan resmi pada bulan April 2017. Ini merupakan tonggak sejarah dalam mewujudkan target Habitat Indonesia untuk meningkatkan pelayanannya dalam penyediaan akses terhadap perumahan layak huni.

Hingga Desember 2017, Habitat Indonesia dan KOMIDA telah berhasil meluncurkan proyek percobaan dan mulai menyediakan pinjaman mikrofinansial di 5 (lima) kantor regional dalam 4 (empat) kabupaten: Karawang, Cianjut, Bogor, dan Subang. Proyek ini menuai tanggapan positif dari anggota KOMIDA karena ketepatgunaan dalam membantu para anggotanya dalam merenovasi rumah. Selain itu, untuk mendapatkan akses terhadap pinjaman untuk membangun fasilitas air bersih dan memperbaiki toilet umum, anggota KOMIDA juga diuntungkan dengan adanya rancangan teknis serta dukungan Habitat Indonesia yang menyediakan proyek air bersih dan sanitasi bagi anggotanya.

Habitat Indonesia juga menjalin kerjasama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) dengan menandatangani Nota Kesepahaman pada tanggal 23 Agustus 2017 bertempat di Univeristas Diponegoro.

Habitat Indonesia secara aktif turut berpartisipasi dalam diskusi publik terkait mikrofinansial perusahaan sebagai pembicara dalam Konferensi Mikrofinansial Indonesia IV pada Maret 2017 di Jakarta.

Gedung Hajadi lantai 2 & 3
Jl. Palmerah Utara No.46, RW.16, Palmerah,
Kec. Palmerah, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta 11480
info@habitatindonesia.org
+6221 2205 6431

Gedung Hajadi lantai 2 & 3
Jl. Palmerah Utara No.46, RW.16, Palmerah,
Kec. Palmerah, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta 11480
info@habitatindonesia.org
+6221 2205 6431