Selavip – Palu Community Based Housings

Selavip – Palu Community Based Housings

Habitat for Humanity Indonesia bekerja sama dengan Selavip dalam menjalankan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang pertama yaitu menghapus kemiskinan dengan meningkatkan kualitas hidup masyarakat dalam membangun rumah yang layak dan kuat, serta mengurangi resiko terdampak bencana alam.

Proyek kerja sama kali ini berada di Desa Lolu, terletak di wilayah Kecamatan Sigi Biromaru dan merupakan pusat Ibukota sementara Kabupaten Sigi yang sekaligus sebagai pusat pemerintahan Kabupaten Sigi. Kecamatan Sigi Biromaru merupakan salah satu kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, terbagi atas 17 Desa dan 1 UPT Lembah Palu. Luas wilayah Kecamatan Sigi Biromaru 289,60 Km².

Proyek kali ini merencanakan membangun 60 rumah bagi keluarga di Desa Lolu yang sudah dipilih oleh komite lokal dengan delapan langkah pendekatan berbasis komunitas. Dalam langkah sosialisasi, Habitat for Humanity Indonesia bekerja sama dengan organisasi administrasi dan sosial setempat untuk memperkenalkan proyek kepada masyarakat. Pertemuan dan presentasi dilakukan dengan pemerintah dan masyarakat setempat selama langkah-langkah sosialisasi.

Pada September 2018 Desa Lolu terkena bencana gempa yang menimbulkan berbagai kerusakan. Banyak penduduk kehilangan tempat tinggal. Akses jalan menuju ke Desa Lolu pun sempat terputus sehingga penduduk yang membutuhkan pertolongan sulit mendapat bantuan. Sampai saat ini bantuan pembangunan Desa Lolu dari berbagai pihak masih tetap berjalan. Habitat for Humanity Indonesia dan Selavip pada Januari 2020 merencanakan membangun 60 rumah dan diperkirakan selesai pada Agustus 2020.

Mari #SahabatHabitat saling peduli dan dukung Habitat for Humanity Indonesia untuk terus membangun. #salingpeduli #akubangunindonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares