Lawan Covid-19 Tempat Singgah untuk Para Pejuang Medis

Lawan Covid-19 Tempat Singgah untuk Para Pejuang Medis

Jakarta, Indonesia (13/04) – Memasuki bulan April, penyebaran virus Covid-19 di Indonesia terus meningkat. Pemerintah RI telah menetapkan wabah ini harus ditanggapi secara serius oleh masyarakat Indonesia. Pada tanggal 13 April 2020 ada 4.557 orang dinyatakan positif terinfeksi virus Covid-19 dengan tingkat kematian telah mencapai 8.7%. Yang menguatirkan ada lebih dari 174 tenaga medis terinfeksi Covid-19, dimana dokter dan perawat sebanyak 44 orang telah meninggal dunia (Sumber: corona.jakarta.go.id dan Kompas.com, Senin, 13 April 2020).

Para pejuang medis yang berdedikasi tetap berada di rumah sakit terus merawat para pasien secara langsung Meski harus mengalami berbagai kesulitan, baik dalam mendapatkan Alat Pelindung Diri (APD), makanan, maupun istirahat. Meski telah lelah berjuang siang dan malam beberapa pejuang medis ditolak ketika hendak pulang istirahat ke tempat kos, sebagian dari mereka juga memilih tidak pulang karena takut akan membawa virus kepada keluarga. Mereka memilih beristirahat di rumah sakit dengan fasilitas seadanya.Denda, seorang perawat yang menangani pasien Covid-19 di salah satu rumah sakit di Jakarta, ia tidak mendapatkan tempat istirahat di rumah sakit karena sudah penuh “Saya tidak punya pilihan lain selain harus ulang ke rumah untuk beristirahat karena tempat istirahat di rumah sakit penuh. Saya harus berbesar hati menghadapi stigma masyarakat dan juga berjuang dengan rasa takut bila ternyata saya menularkan virus kepada anak dan istri karena saya berhadapan langsung dengan pasien Covid-19. Saya akan merasa lega jika ada pihak yang tergerak membantu menyediakan penginapan bagi kami sehingga kami dapat beristirahat dengan nyaman dan tidak merasa khawatir menularkan virus kepada keluarga sehingga kami bisa tetap semangat melanjutkan perjuangan kami di garda terdepan melawan Covid-19”,tuturnya.

Melihat kondisi ini, Yayasan Habitat Kemanusiaan Indonesia tergerak menyediakan tempat istirahat yang layak bagi para pejuang medis. “Habitat mengajak seluruh masyarakat memberi dukungan menyediakan #TempatSinggahPejuangMedis berupa penginapan di hotel”,tutur Susanto, Direktur Nasional Yayasan Habitat Kemanusiaan Indonesia. Ia menyampaikan bahwa para pejuang medis sangat membutuhkan istirahat yang tenang di tempat yang nyaman serta tanpa rasa khawatir akan menyebarkan virus kepada orang lain khususnya keluarga.

Para pejuang medis akan dapat memulihkan kelelahannya sehingga mereka tetap kuat dan semangat melanjutkan perjuangannya di garda terdepan melawan Covid-19. Untuk itu ia mengajak masyarakat untuk melakukan tindakan nyata mengurangi penyebaran Covid-19 meski dengan hanya #dirumahaja melalui donasi. Dengan mendukung para Pejuang Medis, kita juga sedang ikut berjuang mendukung #IndonesiaMelawanCorona.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:

Felina S. Sidabutar
Public Relations
Habitat for Humanity Indonesia
Email: felina.sidabutar@habitatindonesia.org
Tel: +6221 2991 6074
Website: www.habitatindonesia.org
Instagram: habitat_id
Facebok: Habitat for Humanity Indonesia

Tentang Yayasan Habitat Kemanusiaan Indonesia

Didorong oleh visi bahwa setiap orang membutuhkan tempat yang layak untuk hidup, Habitat for Humanity dimulai pada tahun 1976 sebagai upaya akar rumput (grassroots) di Amerika Serikat. Habitat telah berkembang menjadi organisasi nirlaba global terkemuka yang bekerja di lebih dari 70 negara. Sejak 1997 di Indonesia, Habitat telah mendukung lebih dari 87.000 keluarga untuk membangun atau memperbaiki tempat yang mereka sebut rumah. Melalui dukungan finansial, aksi sukarela atau dengan menggaungkan suara untuk mendukung perumahan yang terjangkau, setiap orang dapat membantu keluarga mencapai kekuatan, stabilitas dan kemandirian yang mereka butuhkan untuk membangun kehidupan yang lebih baik untuk diri mereka sendiri. Melalui tempat tinggal, kami memberdayakan. Untuk mempelajari lebih lanjut, menyumbang atau menjadi sukarelawan, kunjungi habitatindonesia.org / Instagram: habitat_id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares