Ibu Kreatif Mendukung Keluarga Bertahan di Masa Pandemi

Ibu Kreatif Mendukung  Keluarga Bertahan di Masa Pandemi

Pelatihan Kewirausahaan di tengah pandemi COVID-19

Pandemi COVID-19 mempengaruhi kehidupan ekonomi masyarakat kurang mampu . Berangkat dari keadaan ini Habitat for Humanity Indonesia mengajak PT Lautan Luas, PT Lautan Natural Krimerindo dan GrabFood berinisiasi menyelenggarakan Pelatihan Kewirausahaan bagi para ibu untuk membekali mereka memulai usaha kuliner. Melalui pelatihan ini diharapkan para ibu dapat menjadi wirausaha mandiri, pejuang ekonomi keluarga.

Pelatihan ini dilaksanakan dalam 2 tahap. Pada pelatihan tahap pertama, yang diselenggarakan pada 10 dan 11 November, 200 peserta selain diberikan pelatihan memasak dengan produk FiberCreme, juga diberikan pelatihan memotret agar masakan yang dijual secara online dapat ditampilkan melalui foto-foto yang menggugah selera. Pada tahap ini peserta pelatihan diberikan bantuan dana untuk pembelian pulsa internet dan bahan baku.

Pada pelatihan tahap kedua, 100 peserta diberikan informasi tentang cara berjualan dan berpromosi secara online. Pada tahap ini peserta diberikan bantuan dana untuk usaha. Setelah itu mereka diberikan kesempatan untuk mempraktikkan apa yang telah diajarkan dan agar peserta lebih bersemangat, omzet penjualan yang diperoleh selama satu bulan, dilombakan dengan hadiah uang tunai bernilai total puluhan juta rupiah.

Ibu Alimah

Salah satu peserta pelatihan Ibu Alimah dari Desa Sukomulyo  Manyar, Gresik -Surabaya memberikan kesaksian :

“Setelah diberikan pelatihan, saya bersemangat sekali dan langsung mempraktikkan apa yang diajarkan. Saya menitipkan 20 kotak masakan Chicken Buldak Fire untuk dijual di pedagang kaki lima dekat rumah,  dan ternyata laku semua. Besoknya saya titip lagi 20 kotak dan laku juga. Kemudian saya dapat pesanan 50 kotak untuk “Jumat Berkah”. Saya sangat senang. Semenjak wabah covid, kondisi perekenomian keluarga saya memburuk. Suami sudah tidak mempunyai penghasilan sama sekali. Dulu sebelum saya ikut pelatihan saya jualan ayam geprek dan otak-otak. Karena diajarkan resep baru; Chicken Buldak Fire, langsung saya coba pasarkan ternyata laku keras. Saya tidak bisa berkata apa-apa… berkat bantuan Habitat dan FiberCreme, Insya Allah perekonomian keluarga saya membaik, sekali lagi saya mengucapkan terimakasih yang tak terhingga”.

Agar pelatihan-pelatihan seperti ini dapat diselenggarakan lagi, Habitat for Humanity Indonesia mengajak orang baik untuk terus berdonasi, sehingga semakin banyak ibu-ibu dapat membantu menopang ekonomi keluarga agar dapat  survive dimasa pandemi ini.

Mari dukung usaha para ibu rumah tangga berjuang menafkahi keluarga dengan meningkatkan keterampilan dan mendorong mereka membuka usaha dengan berdonasi melalui kitabisa.com/campaign/habitatdukungusahaibu, juga sebarkan semangat #salingpeduli ini ke orang-orang terdekat agar semakin banyak yang membantu (BN)

Terimakasih

Habitat for Humanity Indonesia mengucapkan terimakasih kepada mereka yang telah setia mendukung misi kemanusiaan melalui Habitat Crew selama  5 tahun yaitu :

  1. Andreas Hapsoro
  2. James T Kendall
  3. Betsy Tobing
  4. Rally Sudarta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares