Manfaat Donasi Untuk Diri Sendiri dan Orang Lain

Manfaat Donasi Untuk Diri Sendiri dan Orang Lain

Berbagi dan berdonasi atau pemberian lainnya yang diberikan secara ikhlas dan sukarela akan memberikan rasa suka cita sekaligus perwujudan bentuk kasih sayang kepada sesama.

Manfaat berdonasi juga sangat banyak, tidak hanya bagi orang yang menerima tetapi juga bagi orang yang melakukannya. Ini merupakan Tindakan yang sangat mulia, namun tidak sedikit yang masih ragu melakukannya. Donasi adalah pemberian yang dilakukan oleh diri sendiri untuk kepentingan orang lain tanpa mengharapkan balasan dan tanpa ada paksaan.

Ada beberapa orang yang menilai dirinya sendiri tidak perlu memberikan bantuan karena merasa dirinya belum berkecukupan sehingga memenuhi kebutuhan sendiri menjadi prioritas yang utama. Bahkan ada juga yang pelit dan tidak acuh terhadap lingkungan sekitar. Padahal memberikan donasi atau bantuan kepada orang lain akan bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain. Apa saja manfaatnya?

  1. Manfaat untuk diri sendiri
  • Donasi merupakan kegiatan positif, bahkan dari berbagai penelitian, melakukan kegiatan positif akan memberi meningkatkan imun tubuh.
  • Membantu orang lain akan membuat lebih bahagia. Banyak orang tidak tahu bahwa memberi bantuan kepada orang lain akan memberi kebahagiaan bagi yang menerima dan memberi. Apakah kita pernah mengalaminya?
  • Meningkatkan kepuasan hidup. Ada sebuah studi Jerman bahwa orang-orang yang memberi lebih banyak kepada orang lain, akan memberikan kepuasan hidup yang lebih besar daripada orang-orang yang tidak memberi.
  • Mengurangi tingkat stress. Riset yang dilakukan John Hopkins University dan University of Tennessee di Amerika menemukan bahwa ada orang yang rutin membagikan makanan gratis sebagai kegiatan amal akan mengalami penurunan  tingkat stress dan tekanan darah rendah dibandingkan dengan yang tidak memberi.
  • Manfaat untuk orang lain
  • Meringankan kesulitan hidup yang menerima bantuan.
  • Memberi motivasi dan semangat untuk kehidupan yang lebih baik.
  • Membantu meningkatkan imun tubuh penerima bantuan.
  • Bagi komunitas akan memupuk rasa solidaritas dan tolong menolong sehingga kesenjangan sosial dapat dikurangi bahkan dihapuskan.

Sekarang untuk berbagi kebaikan dan berdonasi sangat mudah dilakukan karena munculnya pendaftaran dan website online. Ini merupakan salah satu cara mudah untuk berdonasi bagi siapa saja. Di Habitat for Humanity Indonesia mempunyai cara mudah untuk melakukan donasi secara teratur yaitu dengan mendatar menjadi Habitat Crew. Ini adalah donasi melalui debet kartu kredit atau transfer bank. Peserta Habitat Crew akan mendapat kesempatan untuk mengikuti kegiatan volunteer membangun rumah di wilayah layanan Habitat setiap tahunnya. Untuk pendaftaran kilik: http://bit.ly/habitatcrewreg. Kamu juga bisa menyalurkan bantuan kepada mereka yang membutuhkan tanpa harus datang dan tatap muka dengan mengunjungi website: https://dukunghabitat.org/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.