Sanitasi

MCK Layak untuk Warga

Fasilitas mandi, cuci, kakus yang layak adalah kebutuhan dasar bagi setiap orang. Namun, bagimana dengan warga Mauk-Tangerang dan Babakan Madang-Sentul, dimana masyarakatnya berpenghasilan rendah, sehingga cenderung tidak dapat menyisihkan sebagian pendapatannya untuk membangun kakus atau kamar mandi sendiri? Langkah pertama kita bisa mulai dari membangun MCK bersama/komunal bagi mereka!

Mengapa Membangun MCK Umum?

1. Mengkomunalkan sarana mandi, cuci, dan kakus agar limbahnya mudah dikendalikan dan pencemaran lingkungan dapat dibatasi.

2. Memudahkan pengadaan air bersih.

3. Mengatasi sulitnya mencari ruang untuk lokasi sumur maupun kakus.

Babakan Madang – Sentul

HFH Indonesia – Cabang Jakarta hadir di Babakan Madang, Sentul sejak Juli 2010 dan sudah membangun 13 unit fasilitas MCK komunal. Sampai saat ini intervensi program HFH Indonesia – Cabang Jakarta, Site Sentul berfokus pada empat desa, yaitu: Sumur Batu, Karang Tengah, Bojong Koneng dan Cijayanti. Semua desa ini terdapat di Kecamatan Babakan Madang. Mayoritas pekerjaan warga di empat desa tersebut adalah petani dan/atau buruh tani yang berpendapatan tidak tetap dengan rata-rata pendapatan Rp 30.000,- – Rp 50.000,- sehari.

Masalah Kurang lebih 450 keluarga belum memiliki fasilitas MCK yang layak!

Solusi : Kemitraan dengan Perusahaan

• Habitat for Humanity Indonesia bermitra dengan perusahaan untuk mendukung program pemerintah “100-0-100”, khususnya untuk menyediakan air bersih dan sanitasi.

• Membangun 3 3 MCK umum/komunal untuk melayani kurang lebih 450 keluarga Babakan Madang –Sentul.

Mauk – Tangerang

HFH Indonesia – Cabang Jakarta hadir di Mauk, Tangerang sejak tahun 2010 dan sudah membangun 29 unit fasilitas MCK komunal. Mauk adalah kawasan pedesaan yang datar dengan tingkat kepadatan penduduk yang rendah dengan banyak lahan basah. Pendapatan penduduk sangat tergantung pada pekerjaan harian musiman dengan bekerja di sawah, atau di industri perikanan yang mungkin, bekerja di pabrik dan didukung dengan bisnis kecil jual makanan, menarik becak dan ojek. Sampai saat ini intervensi program HFH Indonesia – Cabang Jakarta, Site Mauk, Tangerang berfokus pada enam desa, yaitu: Margamulya, Kedung Dalem, Ketapang, Gunung Sari, Tanjung Anom dan Sasak.

Masalah

Kurang lebih 446 keluarga belum memiliki fasilitas MCK yang layak!

Solusi :

Kemitraan dengan Perusahaan

• Habitat for Humanity Indonesia bermitra dengan perusahaan untuk mendukung program pemerintah “100-0-100”, khususnya untuk menyediakan air bersih dan sanitasi.

• Membangun 33 MCK umum/komunal untuk melayani kurang lebih 446 keluarga di Mauk-Tangerang