Samsung C&T Tingkatkan Kualitas Hidup Warga Desa Cilamaya

Proyek Samsung C & T Village ke-6 resmi diluncurkan di Cilamaya, Jawa Barat, Indonesia, dengan upacara peletakan batu pertama di Cikalong. Kemitraan ini merupakan bagian dari program tanggung jawab sosial perusahaan Samsung C & T yang memberikan dukungan holistik kepada keluarga yang kurang beruntung dengan meningkatkan perumahan, kebersihan, dan pendidikan mereka.

“Kami senang bermitra dengan Habitat for Humanity di Indonesia untuk meningkatkan kondisi kehidupan penduduk desa di Cilamaya,” kata Kwangsoo Kim, Direktur Samsung C & T Indonesia.

“Seperti halnya lima desa Samsung C & T yang berhasil kami bangun di Asia dengan Habitat untuk Kemanusiaan, kami berharap bahwa proyek ini juga akan membangun landasan bagi orang-orang yang kurang beruntung untuk mengatasi kemiskinan dan meningkatkan kehidupan mereka.”

Perumahan yang Layak

David Gabriel Andre Ardhani, Direktur Nasional Habitat for Humanity Indonesia mengatakan perumahan yang layak adalah fondasi bagi keluarga untuk memutus siklus kemiskinan. Namun sayangnya ini masih merupakan mimpi bagi keluarga kurang mampu.

Di empat desa di Cilamaya, sering dijumpai perumahan di bawah standar, selain akses air bersih yang sulit serta sanitasi bermasalah.

Habitat for Humanity dalam kemitraan dengan Samsung C & T akan melaksanakan pembangunan perumahan berbasis masyarakat 18 bulan, sambil meningkatkan fasilitas sanitasi, sekolah dan penyediaan air yang akan bermanfaat bagi 100 keluarga, atau 500 individu.

Di desa Cikalong, 20 rumah serta sebuah stasiun air komunal dengan pipa air dan kakus akan dibangun. Di desa Tegalwaru, kepala keluarga juga akan memiliki akses ke air bersih dan sanitasi yang layak melalui pembangunan sistem pasokan air dan jamban.

Perbaikan Fasilitas Sekolah

Proyek ini juga akan meningkatkan fasilitas dasar di sekolah umum Cilamaya dan Mekarmaya. Di SDN Cilamaya VII, sebuah jamban, perpustakaan, ruang guru dan ruang kelas akan dibangun. Di desa Mekarmaya, sebagian sekolah akan direnovasi di samping jamban baru.

“Dengan peningkatan fasilitas pendidikan, kami berharap untuk menciptakan lingkungan yang lebih kondusif bagi anak-anak untuk menghargai pendidikan yang lebih baik,” kata Andre.

Selain pembangunan perumahan dan fasilitas masyarakat, 200 keluarga akan menerima pelatihan pengembangan kapasitas pada konstruksi dasar dan rumah tangga yang sehat mulai dari air, sanitasi dan kebersihan (WASH) hingga manajemen keuangan.

Program ini adalah bagian dari upaya untuk meningkatkan komunitas lokal dan membangun kepercayaan diri mereka dalam meningkatkan kehidupan mereka.

Sumber: https://www.suaramerdeka.com/news/baca/106058/samsung-ct-tingkatkan-kualitas-hidup-warga-desa-cilamaya

Leave A Comment