Tentang Forum

Jutaan masyarakat Indonesia masih berjuang untuk mendapatkan tempat tinggal yg layak. Situasi pandemi COVID-19 menyebabkan penyusutan ekonomi, ditambah ancaman perubahan iklim menjadi faktor lain yang semakin memperumit kehidupan, khususnya mereka yg berpenghasilan rendah.

Indonesia Housing Forum adalah wadah kolaborasi para pemangku kepentingan, pelaku industri properti, dan pemerhati isu hunian untuk menemukan solusi yg mampu mendorong pertumbuhan ekonomi dan keterjangkauan perumahan demi Indonesia yg lebih baik.

Mengapa Hadir?

Menginspirasi visi baru untuk kota dan permukiman yang lebih inklusif, sehat dan tangguh;

Memperkuat komitmen internasional terhadap SDGs dan perubahan iklim menjadi prioritas nasional dan kota;

Membangun kolaborasi antar organisasi dengan kapasitas untuk memberi dampak dan meningkatkan sektor perumahan berbiaya rendah dan terjangkau di kawasan Asia-Pasifik.

Mengakui dan bertindak atas pentingnya perumahan sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif, ketahanan dan keberlanjutan dalam permukiman masyarakat.

Pembicara

Acara rutin setiap dua tahun yang menyambut para praktisi dan pelaku di sektor perumahan untuk bertemu dan membahas solusi serta mempromosikan rumah sederhana sebagai penggerak pertumbuhan ekonomi. 

para pemimpin bisnis yang berpengaruh, pembuat kebijakan, akademisi, urban planners, arsitek, developer properti, dan lainnya.  

  • Mengajak para peserta untuk berdiskusi tentang bagaimana berkolaborasi dalam mewujudkan perumahan layak huni di Indonesia yang terjangkau bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Inovasi-inovasi seperti penggunaan teknologi tepat guna, skema pembiayaan, pemberdayaan masyarakat, inovasi kebijakan, dan jaringan kemitraan akan sangat dibutuhkan dalam menghadapi tantangan perumahan di Indonesia.  
  • Pameran poster bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat luas bahwa masalah perumahan terjangkau merupakan isu yang perlu mendapatkan perhatian semua pihak dan tentunya dengan partisipasi lebih banyak masyarakat niscaya akan semakin membuahkan hasil. Pameran poster juga berupaya mengangkat berbagai inovasi yang mampu mendukung keberhasilan penyelenggaraan perumahan terjangkau yang berkelanjutan.  
  • Kegiatan Site visit diharapkan dapat menjadi satu titik awal kolaborasi antara pihak-pihak yang terlibat dalam Indonesia Housing Forum 2019. Kegiatan yang bersifat kolaboratif ini pada akhirnya diharapkan tidak hanya menghasilkan buah pikiran melainkan juga suatu hasil yang lebih konkret pada lokasi tertentu.  
  • Rangkaian kegiatan Indonesia Housing Forum 2019 ini juga diharapkan akan turut meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya penyediaan rumah layak huni bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah sebagai pintu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sebagai bagian dari kegiatan-kegiatan menyambut Hari Perumahan Nasional 2019 

Gedung Hajadi lantai 2 & 3
Jl. Palmerah Utara No.46, RW.16, Palmerah,
Kec. Palmerah, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta 11480
info@habitatindonesia.org
+6221 2205 6431

Gedung Hajadi lantai 2 & 3
Jl. Palmerah Utara No.46, RW.16, Palmerah,
Kec. Palmerah, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta 11480
info@habitatindonesia.org
+6221 2205 6431