Semua Berawal dari Rumah

Kelurahan Tegalsari adalah salah satu wilayah yang berada tepat di jantung kota Surabaya. Wilayah area ini berdampingan langsung dengan salah satu pusat perbelanjaan terkenal di kota Surabaya, Tunjungan Plaza. Area permukiman berdempet dan padat berlokasi tepat di belakang plaza tersebut. Banyak kamar kos dibangun untuk memenuhi kebutuhan hunian pekerja di plaza tersebut menyebabkan sempit dan berdempetnya area pemukiman. Di sekitar permukiman tersebut mengalir satu aliran anak sungai, yang membentang panjang membelah kota Surabaya. Aliran anak sungai inilah yang di fungsikan masyarakat kelurahan Tegalsari untuk membuang kotoran, sampah sisa kegiatan manusia maupun kotoran tinja. Sebenarnya warga Tegalsari sudah memiliki kamar mandi dan toilet yang cukup layak, namun mereka tidak memiliki septic tank sebagai salah satu syarat jamban sehat. Sekitar tahun 2015, daerah Tegalsari ini mendapat intervensi program sanitasi sehat kerjasama Habitat Korea dan Habitat Indonesia. Program ini berhasil membangun 250 jamban sehat keluarga (pembangunan toilet keluarga dan pembangunan septic tank bagi yang belum memilikinya), dan mengantarkan kelurahan Tegalsari menjadi area 100% bebas buang air besar sembarangan untuk area kota Surabaya. Prestasi yang membanggakan ini tidak lepas dari kerjasama Habitat Korea, Habitat Indonesia dan Puskesmas setempat dimana Habitat melakukan proses pembangunan sarana fisiknya sedangkan Puskesmas setempat melakukan proses training dan peningkatan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya perilaku bersih sehat.

Tujuan 1 : 

MENGHAPUS KEMISKINAN 

Membangun rumah layak dan kuat sehingga meningkatkan martabat hidup masyarakat serta mengurangi resiko terdampak bencana alam. 

Tujuan 3 : 

KESEHATAN DAN KESEJAHTERAAN YANG BAIK 

Kondisi rumah yang tidak layak berdampak pada kesehatan dan rentan terhadap berbagai macam penyakit. Kurang dan buruknya air bersih serta fasilitas sanitasi yang layak menjadi faktor penyebaran penyakit. 

Tujuan 4 : 

PENDIDIKAN BERMUTU  

Rumah yang layak menjadi tempat pertumbuhan anak-anak serta mendukung proses belajar yang aman dan nyaman. Sarana dan prasarana sekolah yang memadai mendukung kenyamanan, keamanan, dan pengembangan pengetahuan anak. 

Tujuan 5 : 

KESETARAAN GENDER  

Partisipasi perempuan dalam pengambilan keputusan dan kepemimpinan dalam suatu komunitas kegiatan dalam masyarakat. 

Tujuan 6 : 

AKSES AIR BERSIH DAN SANITASI  

Akses air bersih dan sanitasi merupakan bagian integral dari rumah yang aman, sehat dan layak. 

Tujuan 8 : 

PEKERJAAN LAYAK DAN PERTUMBUHAN EKONOMI  

Pembangunan rumah menciptakan peluang kerja bagi masyarakat lokal dan menstimulasi masyarakat untuk meningkatkan pendapatan keluarga dengan melihat peluang dan potensi di sekitarnya. 

Tujuan 11 : 

KOTA DAN KOMUNITAS YANG BERKELANJUTAN 

Akses terhadap perumahan dan pelayanan dasar yang layak, aman, dan terjangkau bagi semua lapisan masyarakat meningkatkan mutu pemukiman kumuh menjadi lebih layak. 

Tujuan 17 : 

KEMITRAAN UNTUK MENCAPAI TUJUAN  

Bekerjasam dengan berbagai lembaga mikro keuangan dan non-profit dalam pembiayaan mikro perumahan dan pendampingan teknis konstruksi di berbagai daerah. 

Kabar Terkini