HABIEVENT

28uild 2018 Rumah Kita

Menyambut 90 tahun hari Sumpah Pemuda, kurang lebih 500 anak muda di tiga kota (Jakarta, Yogyakarta, dan Surabaya) melakukan aksi unik dengan menjadi sukarelawan membangunan 34 rumah layak huni bagi 34 keluarga prasejahtera pada hari Sabtu (27/10). Kegiatan ini dinamakan “28UILD (baca: to build) RUMAH KITA” yang digagas dan dilaksanakan oleh Habitat for Humanity Indonesia
REDAKSI
HABITALK

Kegiatan 28UILD sudah menjadi agenda tahunan Habitat Indonesia untuk merayakan hari Sumpah Pemuda, sejak tahun 2012, melibatkan lebih dari tiga ribu sukarelawan muda.

Gerakan generasi muda yang didukung 500 relawan di 3 kota besar ini merupakan peran serta masyarakat Indonesia untuk menjaga keutuhan NKRI yang berbangsa, bertanah tumpah darah, berbahasa satu yakni Indonesia; juga sekaligus memberikan kontribusi nyata untuk mengatasi masalah rumah tidak layak huni yang angkanya masih tinggi hingga saat ini. Kegiatan 28UILD Rumah Kita bertujuan untuk merayakan Sumpah Pemuda 1928 dengan mengajak para pemuda bangsa berpartisipasi dalam membantu keluarga berpenghasilan rendah, melalui pembangunan rumah.

1. Jakarta

Untuk wilayah Jakarta kegiatan pembangunan rumah dilakukan di Desa Tanjung Anom, Kecamatan Mauk, Tangerang. Para sukarelawan membangun 22 rumah di Jakarta. 

Di Jakarta, selain para pelajar sekolah menengah, mahasiswa, karyawan beberapa perusahaan, komunitas tuna rungu, dan individu, para sukarelawan yang berpartisipasi juga berasal dari kalangan public figure seperti Daniel Mananta, Whulandary Herman, Oliva Jensen, Josh Kunze, dan Dita Soedarjo.

2. Yogyakarta

Untuk wilayah Yogyakarta kegiatan pembangunan rumah dilakukan di Desa Selopamioro, Imogiri, Bantul. 

Selain kegiatan pembangunan rumah, para sukarelawan di Yogyakarta juga melakukan pengecoran jalan sepanjang 100 meter.

3. Surabaya

Untuk wilayah Surabaya kegiatan pembangunan rumah dilakukan di Desa di Desa Kesamben Kulon, Kecamatan Wringinanom, Gresik.

Selain kegiatan pembangunan rumah, para sukarelawan juga memberikan pelatihan kepemimpinan bagi para siswa sekolah dasar.

Keluarga Mitra

Semangat Sumpah Pemuda yang diaktualisasikan melalui kegiatan “28UILD Rumah Kita” sangat membekas di hati para keluarga mitra/ penerima manfaat yang rumahnya dibangun. Saidin (52 thn, warga Kebon Baru, Mauk, Tangerang) menyampaikan rasa syukur terima kasihnya. “Seperti mimpi rasanya. Senang sekali ketika rumah saya dibangun baru oleh para relawan muda yang baik hati. Saya benar-benar berterima kasih,” ungkapnya.

Hal senada disampaikan oleh Arifin (38 thn, warga Krajan Kidul, Kesamben Kulon, Gresik). “Seperti mimpi, saya tidak menyangka rumah saya bisa dibantu Habitat supaya lebih layak. Selama ini kami tidur di dalam kamar yang lembab, lantai tanah, dan sering kemasukan asap dari dapur membuat sesak napas dan tidak sehat,” katanya.