DARI REDAKSI

Hari Anak Nasional (HAN) diperingati di Indonesia setiap tanggal 23 Juli. Penetapan tanggal tersebut dilakukan pemerintah setelah mendapat himbaun PBB melalui resolusi Majelis Umum PBB 836 (IX). Ide untuk mewujudkan kesejahteraan dan perlindungan hak-hak anak  kemudian diadopsi secara resmi oleh Indonesia melalui Kepres RI No. 44 tahun 1984 tentang Hari Anak Nasional tanggal 19 Juli 1984.

Tema peringatan Hari Anak Nasional 2018 adalah “Anak Indonesia, Anak GENIUS (Gesit, Empati, Berani, Unggul, Sehat)”. Pada peringatan HAN tahun ini, Presiden Jokowi berpesan supaya anak Indonesia haruslah anak yang gesit dalam bertindak dan berpikir; memiliki empati atau keinginan untuk menolong sesama, merasakan apa yang orang lain rasakan dan menghargai perbedaan.

Sementara itu pesan Hari Anak Nasional bagi seluruh warga bangsa Indonesia, baik orangtua, keluarga, masyarakat, swasta, maupun pemerintah adalah agar bersama-sama berpartisipasi secara aktif untuk meningkatkan kepedulian dalam menghormati, menghargai, dan menjamin hak-hak anak tanpa diskriminasi, dan memastikan segala hal terbaik untuk anak dalam tumbuh kembangnya. Juga meningkatkan perlindungan dan pemenuhan kesejahteraan anak sebagaimana dimuat UU RI No. 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak dan Konvensi Hak-hak Anak.

Bagi Habitat for Humanity Indonesia, rumah adalah tempat pertama dan utama bagi setiap anak yang sangat menentukan tumbuh kembang dan masa depannya. Hanya di rumah yang layak dan nyaman seorang anak bisa tumbuh sehat, belajar dengan tenang, dan masih banyak lagi hal positif lainnya.

Maka pada peringatan HAN 2018 ini Habitat for Humanity Indonesia mengajak semua pihak untuk bahu membahu mengusahakan yang terbaik bagi setiap anak Indonesia, khususnya menjamin hak jutaan anak untuk tumbuh dan berkembang di rumah yang layak dan nyaman.

Selamat Hari Anak Nasional 2018!