Air bersih

Saluran Air Bersih untuk Warga

Play Video

Membangun saluran distribusi air bersih di Babakan Madang

Lebih dari 13.000 keluarga di Babakan Madang Kab Bogor Jawa Barat mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan air bersih di rumah mereka. Mereka harus berjalan dengan ember untuk mengumpulkan air dari sungai dan waduk, bahkan banyak keluarga harus berjalan jauh untuk mendapatkan air bersih. Perempuan bertanggung jawab mengumpulkan air bersih ke dalam rumah.
Habitat for Humanity Indonesia telah bekerja dengan komunitas Babakan Madang sejak 2010 untuk memberdayakan warga dengan membangun rumah dan fasilitas pendukung, termasuk saluran distribusi air.


Datang bersama untuk memberdayakan masyarakat dengan membangun saluran air bersih di Babakan Madang, Sentul.

Bagi masyarakat Kesamben Kulon, Kecamatan Wringinanom, Gresik, kamar mandi dan toilet adalah barang mewah. Bahkan saluran air bersih tidak ada di rumah mereka.

Dengan jumlah penduduk sebanyak 6.504 orang, dan sebagian besar bekerja sebagai petani dan pengusaha yang sangat kecil, Desa Kesamben Kulon sangat membutuhkan jaringan air bersih dan bersih. Untuk keperluan sehari-hari selama ini, warga mengandalkan air tanah itu.


Habitat for Humanity Indonesia sejak 2015 telah bekerja dengan warga Kesamben Kulon, membangun pemberdayaan warga melalui pembangunan rumah dan fasilitas layak huni.