INDONESIA:
Tentang Kami – Habitat For Humanity Indonesia – Cabang Yogyakarta

Habitat for Humanity Indonesia – Cabang Yogyakarta memulai program pada tahun 1999 dengan menerapkan program pertama yakni perumahana. Sejak berdirinya hingga Desember 2014, Cabang Yogyakarta telah melayani total 12.089 keluarga. Habitat for Humanity Indonesia – Cabang Yogyakarta terus mengembangkan dan meningkatkan pembangunan perumahan sederhana, layak huni dan terjangkau. Perhatian khusus dan kepekaan terhadap budaya lokal diberikan dalam desain rumah serta dalam mencapai tujuan memberantas perumahan kumuh.

TUJUAN KAMI:

Membangun rumah dan masyarakat dalam kemitraan dengan keluarga berpenghasilan rendah di Yogyakarta dan Provinsi Jawa Tengah.

TUGAS KAMI:

  • Untuk memberikan kesempatan kepemilikan rumah layak huni bagi keluarga yang berpenghasilan rendah melalui konstruksi baru, renovasi, & perbaikan.
  • Untuk memberikan kesempatan bagi relawan untuk membangun kemitraan/relasi dengan keluarga mitra.

KEGIATAN KAMI:

  • Untuk mendorong dan menyambut partisipasi dari semua individu, kelompok, atau organisasi yang ingin mendukung Habitat
  • Untuk menjadi organisasi nirlaba yang bertanggung jawab secara finansial, untuk dana yang diperoleh dari mereka yang sejalan dengan visi kami, serta mengalokasikan dana tersebut dengan integritas, akuntabilitas, serta untuk tujuan tertentu dimaksudkan oleh donor.
  • Untuk memastikan pemilihan keluarga dalam kepemilikan rumah didasarkan pada kebutuhan dan keinginan mereka untuk menjadi mitra penuh dalam program Habitat. Seleksi akan dilakukan tanpa pertimbangan ras, kepercayaan, jenis kelamin, dan agama.

Bagaimana rumah itu dibangun?
Upaya pembangunan rumah sangat tergantung pada keterlibatan masyarakat dan para relawan . Keluarga mitra terlibat dalam pembangunan rumah mereka sendiri serta  rumah keluarga mitra lainnya.

Dimana Habitat Indonesia – Cabang Yogyakarta membangun rumah?
Habitat – Yogya cabang telah meningkat perumahan tidak layak huni melalui pembangunan baru, renovasi, perbaikan dan penyediaan bantuan teknis bagi kelauarga berpenghasilan rendah:

  • Yogyakarta (DIY): Bantul, Kulon Progo, Kota Jogjakarta, Sleman
  • Jawa Tengah: Surakarta, Sukoharjo, Karanganyar, Sragen, Boyolali, Magelang, Muntilan, Salatiga, Klaten, Semarang

 

Bagaimana pemilik rumah yang dipilih?
Komite desa menyeleksi semua keluarga yang mengajukan bantuan, kemudian keluarga tersebut mengikuti proses seleksi tanpa ada motif diskriminasi, tapi berdasarkan kebutuhan perumahan, kemampuan untuk membayar kembali pinjaman, dan kemauan untuk bermitra dengan Habitat.

Cara Terlibat Dengan Kami
Sekitar 600,000  orang di Yogyakarta dan 6 juta orang di Jawa Tengah membutuhkan rumah layak huni, dan perumahan yang terjangkau. Ada sejumlah cara bahwa individu dan organisasi dapat terlibat dengan Habitat. Bisa dengan menyumbangkan dana, bahan material bangunan atau lahan. Atau pula dengan terlibat langsung dengan manjadi relawan dalam berbagai kegiatan Habitat, bergabung relawan Global Village, atau menawarkan keahlian profesional. Selain itu bisa dengan mendorong diskusi tentang masalah perumahan yang terjangkau.

 

Yogya Branch Office Address :  Jln.KH.Muhdi 100B,RT 04 RW 25, Nayan, Maguwoharjo,

Sleman, Yogyakarta, 55282

Phone   :  (+62) (27) 4747 8281, (+62) (27) 4747 5472
Fax :  (+62) (27) 448 6687
Email    tanti@habitatindonesia.org
National Office

Address

:  The Belleza Shopping Arcade Lt. 2 unit 25 & 27

Jln. Letjen Soepeno no. 34, Arteri Permata Hijau

Jakarta Selatan 12210

Phone   : (+62) (21) 2991 6074
Fax        : (+62) (21) 2991 6164
Email    tommy@habitatindonesia.org