DARI REDAKSI

Dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2018 ini mengambil  tema “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mudhajir Effendy dalam sambutan resminya mengajak semua pihak untuk bahu membahu menyukseskan 3 jalur Pendidikan sebagaimana diamanatkan undang-undang.  Dalam UU No. 20 tahun 2003 Pasal 13 ayat 1 dinyatakan bahwa jalur pendidikan terdiri dari pendidikan formal, nonformal dan informal.

Pendidikan formal merupakan pendidikan yang diselenggarakan di sekolah-sekolah pada umumnya. Jalur pendidikan ini mempunyai jenjang pendidikan yang jelas, mulai dari pendidikan dasar, pendidikan menengah, sampai pendidikan tinggi. Sementara itu, pendidikan nonformal merupakan jalur pendidikan di luar pendidikan formal yang dapat dilaksanakan secara terstruktur dan berjenjang. Pendidikan nonformal paling banyak terdapat pada usia dini, juga berbagai kursus,  bimbingan belajar dan sebagainya. Sedangkan pendidikan informal merupakan jalur pendidikan keluarga dan lingkungan berbentuk kegiatan belajar secara mandiri yang dilakukan secara sadar dan bertanggung jawab.

Habitat for Humanity Indonesia baik secara langsung maupun tidak langsung sudah, sedang, dan akan terus mengambil bagian secara aktif dalam menyukseskan “tiga jalur pendidikan” yang dicanangkan pemerintah di atas. Intervensi berupa pembangunan perpustakaan sekaligus penyediaan buku-buku pelajaran untuk sekolah dasar (SD), pembangunan lab komputer, pembangunan gedung sekolah dasar, adalah dukungan nyata untuk menyukseskan pendidikan formal. Pembangunan PAUD, pelatihan pola hidup bersih sehat (PHBS), pelatihan keuangan keluarga, adalah bentuk dukungan untuk menyukseskan pendidikan nonformal. Akhirnya pembangunan rumah (dimana rumah adalah tempat penanaman nilai-nilai) adalah kontribusi nyata untuk menyukseskan pendidikan informal.

Dalam visi Habitat for Humanity Indonesia rumah adalah tempat dimana segala sesuatu berawal. Kesuksesan pendidikan formal, nonformal, dan informal mengandaikan seorang peserta didik tinggal di rumah yang kokoh, bersih, dan nyaman. Selamat Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2018!