Lebaran Penuh Harapan

By Herbert Sembiring
Senior Manager of Field Operation

Salam sejahtera buat segenap pembaca,

Punten! Teriak saya menghampiri sebuah rumah yang terletak di daerah yang bernama Kebun Tujuh-Ciumbuleuit, Bandung, hari itu Selasa, 22 November 2005. Mendengar teriakan saya, muncul seorang bapak yang berumur 47 tahun. Pria kelahiran Bukit Tinggi, 20 Oktober 1958 ini kelihatannya lelah. “Hei..Herbet, apa kabar? Silahkan masuk!”, sambutnya dengan logat Padangnya. “Baik Pak. Wah..bagaimana Pak rasanya menempati rumah yang baru ?”, tanya saya sambil Pak Rajab mempersilahkan saya duduk. “Ya…beginilah Bet, kondisi rumah seadanya tapi saya bersyukur karena sudah punya rumah sendiri. Tapi saya masih capek, dua hari ini mengangkut barang dari rumah kontrakan. Baru kemarin malam tidur di sini. Tapi Alhamdullilah Bet, saya tidak pernah terbayang akan punya rumah. Dulu selalu mengontrak rumah dan sering tidak terasa kalau setahun lewat berarti kontrak udah selesai”. 


Di atas adalah penggalan dari salah satu pengalaman saya ketika waktu itu saya melayanai sebagai Construction Supervisor di Cabang Bandung. Sebelumnya, Pak Rajab kira-kira sudah dua tahun mengontrak sebuah rumah. Tepatnya bagian sebuah rumah yang sederhana yang dibagi menjadi 3 bagian. Awalnya, bagi mereka memiliki rumah sendiri adalah sebuah harapan yang sulit untuk dicapai. Penghasilan sebagai pedagang kelontongan hanya bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari. Namun, harapan memiliki sebuah rumah bukanlah harapan dalam mimpi. Kesempatan untuk membangun harapan tersebut muncul ketika Pak Rajab mengetahui Habitat Kemanusiaan Indonesia-Bandung.

Kisah Pak Rajab adalah salah satu kisah dari pelayanan Habitat. Pada Hari Raya Idul Fitri tahun ini, melalui pelayanan yang dilakukan Habitat, ada sekitar 300 keluarga yang bisa merayakannya di rumah yang layak. Mereka dapat berkumpul bersama keluarga dan menikmati kebersamaan dengan sukacita di hari yang penuh dengan kemenangan dan harapan. Adalah sebuah kebanggaan bagi kami untuk menghadirkan lebaran yang penuh harapan dan sukacita bagi keluarga yang kami layani. Oleh karena itu, kami mengucapkan terimakasih atas peran serta semua pihak dalam mewujudkan hal itu. Kepada donor, mitra kerjasama, pemerintah, relawan, badan pengurus, karyawan dan keluarga mitra. Dan tidak lupa kami juga mengucapkan “Selamat Merayakan Hari Raya Idul Fitri- 1439 H. Mohon maaf atas segala kekurangan dan kesalahan yang kami lakukan dalam pelayanan kami”. Kami juga terus mengajak kita semua untuk membangun harapan setiap orang yang membutuhkan dengan membangun hunian yang layak bagi mereka.

“Selamat Merayakan Hari Raya Idul Fitri- 1439 H. Mohon maaf atas segala kekurangan dan kesalahan yang kami lakukan dalam pelayanan kami”.