Hari Kesehatan Dunia

Setiap tahunnya, pada tanggal 7 April dirayakan Hari Kesehatan Dunia sekaligus untuk menandai berdirinya Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Tujuan dari diselenggarakannya peringatan ini yakni sebagai kesempatan untuk menarik perhatian dunia guna menyadari masalah-masalah besar mengenai kesehatan global. Fokus WHO tahun ini yakni mendedikasikan agar seluruh lapisan masyarakat dunia mendapatkan akses layanan kesehatan yang mereka butuhkan, tanpa harus khawatir mengenai biaya pengobatan.

Menurut data WHO, diperkirakan setengah dari penduduk dunia tidak memiliki akses ke layanan medis yang tepat. Terdapat 100 juta orang yang terpaksa menjadi miskin lantaran melunasi hutang tagihan pengobatan ataupun layanan medis (Tribunnews.com, 2018). Tahun ini WHO menargetkan lebih dari 1 miliar orang di dunia mendapatkan akses layanan kesehatan yang mereka butuhkan pada tahun 2023 mendatang.

Bagi Habitat for Humanity, kondisi perumahan yang buruk meningkatkan risiko masalah kesehatan bagi keluarga. Sebagaimana ditegaskan oleh CEO Habitat for Humanity Internasional Jonathan Reckford, “Kami melihat dengan jelas hubungan yang tak terpisahkan antara perumahan, kesehatan, pendidikan, dan penghidupan.” Hal ini disampaikan Jonathan ketika berpidato di Julie Ann Wrigley Global Institute of Sustainability tentang kaitan perumahan dan kesehatan, dan khususnya bagaimana perumahan yang layak “menghilangkan ancaman kesehatan bagi anak-anak dan orang tua.”

Melalui Hari Kesehatan Dunia, mari kita meningkatkan kesadaran tentang dampak positif rumah yang layak terhadap kesehatan dan kesejahteraan keluarga.

Leave A Comment