habihome

Manfaat Tersembunyi Rumah Kayu​

Manfaat Tersembunyi Rumah Kayu!

Tren green house yang berkembang saat ini kembali mengangkat nilai kayu. Kayu bisa menjadi suatu material bangunan yang bernilai mahal jika diolah dengan benar. Kayu saat ini juga menjadi salah satu bahan yang dipertimbangkan untuk menggantikan batu bata dan batako sebagai bahan utama dalam membangun rumah.

Berikut 8 keunggulan rumah kayu!

Rumah kayu bernilai seni dan artistic

Rumah kayu dipandang mampu mengedepankan nilai artistik yang klasik dan alami dibanding rumah biasa. Hal ini karena kayu mampu memancarkan keunikan yang tidak bisa diberikan material lain, seperti warna alami yang hanya dimiliki kayu.

Rumah kayu memberi nuansa alami dan sejuk

Kayu adalah isolator alami dan sangat efektif dalam mengisolasi dingin dan panas. Artinya, dengan membangun rumah kayu kamu bisa menghemat energi dalam jumlah yang cukup besar dibandingkan dengan rumah batu bata atau beton.

Memberi tampilan yang berbeda

Semakin rumit desain dan keunikan jenis kayu yang dipakai untuk membangun rumah kayu, maka semakin tinggi pula nilai seni yang di dapat dari rumah tersebut. Bereksperimen dengan desain unik dari yang sudah ada memberi tampilan yang berbeda yang tidak dapat ditemukan di rumah lain.

Penyerap suara yang baik

Bagi mereka yang  jenuh dengan hingar bingar suasana kota, bisa mempertimbangkan untuk membangun rumah kayu. Pasalnya, sebagaimana diketahui, kayu juga merupakan penyerap suara yang sangat baik.

  1. Sebagai Investasi

Terdengar kuno, tapi rumah kayu juga bisa dijadikan sarana investasi. Sebuah rumah dengan desain yang unik dan menarik akan menaikkan harga rumah tersebut. Karena alasan tersebut, maka rumah kayu juga dapat difungsikan sebagai investasi jangka panjang.

Rumah kayu ringan dan hemat biaya

Kelebihan lainnya dari rumah kayu adalah ringan dan hemat biaya. Tak bisa dipungkiri, beberapa kayu yang memiliki kualitas bagus memang harganya cukup mahal. Eits, jangan berkecil hati dulu, karena masih banyak pula jenis kayu lainnya yang harganya lebih murah tapi tidak kalah kokoh.

Rumah kayu kokoh dan tahan gempa

Kelebihan lain yang tak kalah penting dari rumah kayu adalah memiliki daya tahan tinggi terhadap gempa. Jika rumah biasa umumnya akan muncul retakan atau bahkan roboh saat gempa terjadi, tidak demikian dengan rumah kayu. Hal ini karena sifat kayu yang elastis membuat rumah kayu mampu bertahan lebih lama jika terjadi gempa.

 

Sumber:

https://www.dekoruma.com/artikel/22709/manfaat-tersembunyi-rumah-kayu